Kamis, 30 November 2017

Jaringan Listrik Rumah Tangga



Jaringan listrik rumah tangga, adalah beberapa hal yang meliputi instalasi, dan sistem distribusi listrik rumah tangga. Bicara tentang elemen-elemen penting dari struktur rumah, listrik termasuk elemen paling penting yang memiliki peran besar dalam menunjang aktivitas rumah tangga. Pemasangan hendaknya dilakukan oleh tenaga profesional, artinya oleh mereka yang sudah berpengalaman menangani listrik dan permasalahannya. Hal ini penting sebab listrik memiliki tegangan tinggi yang dapat membahayakan keselamatan jika tanpa pengetahuan dan keahlian yang cukup. Memasang instalasi, atau jaringan listrik rumah tangga yang baik umumnya mengikuti struktur atau denah rumah sehingga pasokan listrik untuk tiap-tiap ruangan bisa lebih merata. Yang perlu dipelajari adalah rencana peletakan tiap-tiap komponen listrik, misalnya penentuan jalur yang nantinya kita gunakan sebagai saluran utama. Tentu saja penentuan jalur termasuk didalamnya penentuan titik-titik cabang yang tersambung dengan masing-masing komponen harus lebih efektif, supaya nanti rangkaian setiap jalur terpasang dengan rapi, efisien, dan aman bagi penghuni rumah.

Di luar dari biaya penyambungan jaringan dan kwh meter listrik oleh PLN, pemasangan instalasi di area bangunan rumah biasanya akan dikerjakan oleh tukang atau jasa instalatir sesuai permintaan pemilik bangunan. Perencanaan jaringan listrik rumah tangga harus dengan memperhitungkan fungsi, efisiensi dan keamanan keluarga yang nantinya akan melakukan aktifitas yang berhubungan dengan listrik. Yang paling utama adalah peletakan kabel, atau grounding. Pastikan pemasangan kabel tertata dengan rapi dan jalur pemasangan jelas kemana arah dan dari mana sumbernya. Khususnya pada bagian atas plafon, meskipun nantinya tidak akan tampak, kerapian dan kekuatan sambungan yang baik tetap harus di utamakan. Banyak terjadi masalah pada jaringan listrik rumah tangga, contohnya kebakaran hanya karena kualitas pemasangan kabel listrik yang kurang bagus seperti sambungan yang longgar dan jalur yang tidak rapi sehingga mengakibatkan beban listrik yang tidak efisien, untuk mendapatkan segala manfaat grounding maka pastikan koneksi grounding tidak terputus dari mulai KWH sampai ke peralatan listrik yang kita gunakan sehari-hari melalui stopkontak. Untuk peralatan listrik dengan kapasitas cukup besar atau sering kita gunakan sebaiknya menggunakan colokan listrik dengan fasilitas grounding ini. 

Jalur grounding yang terpasang pada instalasi listrik dirumah tidak akan bermanfaat bila tidak tersambung ke stopkontak. setiap stopkontak layaknya memiliki grounding, terutama bila dipasang pada peralatan elektronik seperti kulkas, mesin air, dan lain-lain. Akhirnya point terakhir yang akan saya sampaikan berkaitan dengan jaringan listrik rumah tangga adalah perawatan instalasi listrik rumah tangga, agar listrik di rumah dapat digunakan dengan optimal, selain itu berguna juga untuk menjaga keselamatan penghuninya dari hal hal yang tidak diinginkan seperti bahaya kebakaran. Berikut ini hal-hal yang akan membantu Anda untuk ikut peduli dan turut memelihara Instalasi Listrik :
  • Pergunakan peralatan elektronik rumah tangga yang disesuaikan dengan daya tersambung dan kapasitas/kemampuan kabel instalasi listrik yang terpasang.
  • Lakukan pemeriksaan rutin, minimal setahun sekali untuk memastikan apakah instalasi listrik masih layak untuk digunakan atau perlu direhabilitasi.
  • Jika instalasi listrik telah terpasang lebih dari 5 (lima) tahun, sebaiknya perlu untuk direhabilitasi. Hal ini untuk menjaga agar instalasi listrik tetap layak dipergunakan dan mencegah kemungkinan terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.
  • Jangan menumpuk stop kontak pada satu sumber listrik.
  • Jangan biarkan kabel-kabel listrik yang terpasang di rumah ada yang terkelupas atau dibiarkan terbuka.
  • Perhatikan juga untuk menjauhkan peralatan listrik di rumah dari jangkauan anak-anak seperti: stop kontak, saklar dan kabel-kabel listrik.
  • Pakailah material listrik yang telah terjamin kualitasnya dan berlabel SNI (Standar Nasional Indonesia) / LMK (Lembaga Masalah Kelistrikan) / SPLN (Standar PLN).
  • Hindari pemasangan antene televisi terlalu tinggi sehingga bisa mendekati atau menyentuh jaringan listrik.
  • Pasanglah pembumian/grounding yang benar secara mandiri dan terpasang di stopkontak untuk peralatan elektronik seperti kulkas, mesin air dan lain-lain untuk menghilangkan setrum biasanya terdapat pada sasis peralatan elektronik tersebut.
Perhatikkan keamanan instalasi dan jaringan listrik rumah tangga selalu, ingat kembali point di atas, keselamatan keluarga anda dirumah bergantung pada hal tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar